Minggu, 25 November 2012

Pidato Bung Tomo


Bismillahirrahmanirrahim
Merdeka!!!
Saoedara-saoedara rakjat djelata di seloeroeh Indonesia,teroetama saoedara-saoedara pendoedoek kota Soerabaia.Kita semoeanja telah mengetahoei bahwa hari ini Inggris telah menjebarkan pamflet-pamflet jang memberikan soeatoe antjaman kepada kita semoea.Kita diwadjibkan oentoek dalam waktoe jang ditentoekan,menjerahkan sendjata-sendjata jang kita reboet dari Djepang.
Mereka minta soepaja kita datang pada mereka itoe dengan mengangkat tangan.Mereka telah minta soepaja kita semoea datang kepada mereka itoe dengan membawa bendera poetih tanda menjerah kepada mereka.
Saoedara-saoedara,didalam pertempoeran-pertempoeran jang lampaoe,kita sekalian telah menoendjoekan bahwa rakjat Indonesia di Soerabaia,pemoeda-pemoeda jang berasal dari Maloekoe,pemoeda-pemoeda jang berasal dari Soelawesi,pemoeda-pemoeda jang berasal dari poelaoe Bali,pemoeda-pemoeda jang berasal dari Kalimantan,pemoeda-pemoeda dari seloeroeh Soematra,pemoeda Atjeh,pemoeda Tapanoeli,dan seloeroeh pemoeda Indonesia jang ada di Soerabaia ini,di dalam pasoekan-pasoekan mereka masing-masing dengan pasoekan-pasoekan rakjat jang dibentoek di kampoeng-kampoeng,telah menoendjoekan satoe pertahanan jang tidak bisa di djebol,telah menoendjoekan satoe kekoeatan sehingga mereka itoe terdjepit dimana-mana.
Hanja karena taktik jang litjik daripada mereka itoe,saoedara-saoedara,dengan mendatangkan presiden dan pemimpin-pemimpin lainja ke Soerabaia ini,maka kita toendoek oentoek menghentikan pertempoeran.Tetapi pada masa itoe,mereka telah memperkoeat diri,dan setelah mereka koeat,sekarang inilah keadaanja.
Saoedara-saoedara,kita semoeanja,kita bangsa Indonesia jang ada di Soerabaia ini akan menerima tantangan tentara Inggris ini.Dan kalaoe pimpinan tentara Inggris jang ada di Soerabaia ingin mendengarkan djawaban rakjat Indonesia,ingin mendengarkan djawaban seloeroeh pemoeda Indonesia jang ada di Soerabaia ini.Dengarkanlah ini hai tentara Inggris,ini djawaban rakjat Soerabaia,ini djawaban pemoeda Indonesia kepada kaoe sekalian.
Hai tentara Inggris!
Kaoe menghendaki bahwa kita ini akan membawa bendera poetih takloek kepadamoe,menjoeroeh kita mengangkat tangan datang kepadamoe,kaoe menjoeroeh kita membawa sendjata-sendjata jang kita rampas dari Djepang oentek diserahkan kepadamoe.
Toentoetan itoe walaoepoen kita tahoe bahwa kaoe sekalian akan mengantjam kita oentoek menggempoer kita dengan seloeroeh kekoeatan jang ada.Tetapi inilah djawaban kita :
Selama banteng-banteng Indonesia masih mempoenjai darah merah jang dapat membikin setjarik kain poetih mendjadi merah dan poetih,maka selama itoe tidak akan kita maoe menjerah kepada siapa poen djoega!
Saoedara –saoedara rakjat Soerabaia,siaplah keadaan genting,tetapi saia peringatkan sekali lagi,djangan moelai menembak,baroe kalaoe kita ditembak,maka kita akan ganti menjerang mereka itoe.
Kita toendjoekan bahwa kita adalah benar-benar orang jang ingin merdeka.Dan kita,saoedara-saoedara,lebih baik kita hantjoer leboer daripada tidak merdeka.Sembojan kita tetap MEREKA ataoe MATI.
Dan kita jakin,saoedara-saoedara,pada achirnja pastilah kemenangan akan djatoeh ke tangan kita sebab Allah selaloe berada di pihak jang benar,pertjajalah saoedara-saoedara,Toehan akan melindoengi kita sekalian.
Allahoe Akbar...!!!
Allahoe Akbar...!!!
Allahoe Akbar...!!!
MERDEKA!!!

Profil Bung Tomo
Nama : Sutomo
Lahir : Jawa Timur,3 Oktober 1920
Wafat : Padang Arafah,7 Oktober 1981

0 komentar:

Posting Komentar